Gin no Saji (Summer 2013 and Winter 2014) Review Indonesia

Gin no Saji (Silver Spoon), salah satu anime Slice of Life yg menurut saya unusual dengan anime Slice of Life lainnya.

Jika biasanya anime School Slice of Life itu berlatar di SMA biasa, Gin no Saji berlatar di sebuah SMA Pertanian dan Peternakan. Ya, SMA Pertanian dan Peterakan. Mungkin beberapa dari kalian akan menganggap anime ini akan membosankan karena ada unsur “pertanian”nya, tapi setelah saya menonton anime ini, saya menemukan bahwa anime ini tidak membosankan sama sekali (terkecuali bagi para penggemar anime Shounen seperti Naruto, One Piece, dll).

Biasanya, saya akan menuliskan Informasi Dasar mengenai anime ini (seperti dibuat oleh studio mana, dll). Tapi karena kali ini saya akan mengulas DUA anime sekaligu,. sebagai gantinya, saya akan memasukan kedua gambar poster tersebut dan kalian bisa mengkliknya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut di MyAnimeList

Gin no Saji
Poster Gin no Saji S1 (source: MAL)
Gin no Saji
Poster Gin no Saji S2 (source: MAL)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Story:

Gin no Saji
source: Imgur

Unsur cerita pada anime ini tidak terlalu kompleks tapi juga tidak simpel. Karena beberapa materi “Pertanian” dan “Peternakan” juga masuk dalam anime ini, tapi kita juga bisa belajar untuk mengenal dunia pertanian dan peternakan. Cerita anime ini juga terbilang unik karena arcnya yang susah diprediksi. Untuk pacingnya tidak terburu buru, bahkan kedua anime ini tamat hanya dalam waktu 6 bulan (dalam anime), dimana sang protagonis menyelesaikan semester pertamanya di sekolah ini. Komedinya juga lucu (bahkan saya sampai ngakak karena melihat jokenya), Dramanya juga tidak terlalu sedih tapi menegangkan. Saya sangat menikmati anime yang bercerita seperti ini, simpel dan menghangatkan hati.

 

Art:

Gin no Saji
Salah satu background di Gin no Saji (source; AnimeTosho)

Unsur seninya juga seperti anime A-1 Pictures kebanyakan (Sword Art Online, Shigatsu wa Kimi no Uso, dll), tidak realistis dan tidak juga terlalu artistik. Sehingga saya bisa katakan art anime ini tidak unik. Gaya artnya juga cocok dengan cerita ini sehingga menjadi kolaborasi yang sempurna. Animasinya juga tidak patah patah, sehingga terlihat mulus. Selama berjalannya kedua anime ini, tidak terjadi perubahan kualitas maupun gaya animasi. Desain karakternya juga bagus, mirip dengan desain di manganya, cocok dengan sifat setiap tokoh.

Sound:

Gin no Saji
Single “Hello Especially” dari Sukima Switch (source: Pinterest)

Seiyuunya saya bisa bilang cocok dengan sifat tokoh yang mereka mainkan. BGMnya juga pas dengan setiap scene yang ada di kedua anime ini. Saya hanya sedikit menyadari jika BGMnya telah diputar, beberapa kali sadar pada scene-scene drama seperti itu. Secara pribadi, saya SANGAT menyukai lagu Opening (“Kiss you” – miwa) dan Ending (“Hello Especially” – Sukima Switch) pada Season 1 anime ini. Saya juga menyukai ending (“Oto no Naru Hou e→” – Goose House) pada season 2 anime ini tapi tidak terlalu suka pada openingnya (“LIFE” – Fujifabric) karena menurut saya tidak terlalu bagus. Karena saya sangat menyukai ketiga lagu tersebut, saya sampai mendownload single dan album lagu lagu tersebut dari internet XD.

Character:

Gin no Saji
Karakter – karakter pada Gin no Saji

Sang protagonis pada anime ini mempunyai kemampuan belajar berlebihan sehingga ia menjadi andalan dalam mengatur acara dalam anime ini. Saya sendiri sangat menyukai Character Development (Peningkatan hubungan antara setiap karakter), dimana sang protagonis mulai beradaptasi dengan lingkungan alam maupun sosial di sekolahnya. Hal inilah yang membuat genre Slice of Life pada anime ini terasa kental. Seperti anime Slice of Life kebanyakan, pada anime ini tidak terlihat Antagonis yang melawan sang protagonis. Secara pribadi, saya tidak mempunyai tokoh yang saya benci di anime ini, karena semua tokoh di anime ini baik-baik semua sehingga sulit untuk membenci mereka XD.

Enjoyment:

Gin no Saji
dat moment ketika lu nunjukin cara motong ayam ke temen temen lu (source: Google)

Sebagai seorang penggemar berat anime Slice of Life, apalagi yang berlatarkan di pedesaan/countryside, saya SANGAT menikmati anime ini. Karena bagi saya, anime ini sangat santai untuk ditonton, tidak terlalu kompleks, bahkan komedi yang saya bisa tangkap jokenya. Saya sendiri sangat merekomendasikan kedua anime ini pada penggemar Anime maupun Non-anime yang saya kenal. Saya perlu berterimakasih pada komunitas MyAnimeList karena merekomendasikan anime ini pada saya.

Overall Score: 9.6/10

Itulah review saya kali ini, apakah kalian tertarik untuk menonton anime ini? Ataukah bagi yang sudah menonton, mempunyai pendapat lainnya? Sampaikan saja semuanya di kolom komentar dibawah ini!

Oh ya, bagi kalian yang aktif di forum MyAnimeList, dapat berteman dengan saya di MyAnimeList, linknya ada di nama saya di akhir post.

Keep calm and Mantab Jiwa!
RivoMCID // HirotoA7

Wazzup! Nama saya RivoMCID atau biasa dikenal HirotoA7 (absurd, right?). Saya adalah seorang musisi sekaligus fotografer yang sangat menyukai anime. Saya biasanya menonton/membaca sebuah anime/manga yang bergenre School, Comedy, Romance, dan Slice of Life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − three =