3 ALASAN MENGAPA ANIME KESUKAANMU GA DAPET SEASON 2/3/SEKUELNYA! (Nomor 1 bikin kamu tercengang!)

Beberapa orang diantara kalian mungkin udah nonton No Game No Life, Re:Zero, atau Konosuba. Tapi mengapa sampai sekarang animenya ga dapet sekuel atau kelanjutannya? Berikut adalah 3 alasan mengapa sebuah anime tidak mendapat kelanjutannya:

1. Kurangnya penjualan Kaset Bluray

Ini adalah hal yang paling penting dari kelanjutan sebuah anime. Mungkin kalian hanya tau cari anime bd trus bajak tanpa tahu alasannya bingung kenapa Bluray itu sangat penting perannya dalam industri anime. Hal ini akan dijelaskan pada tweet yang dipost oleh salah satu produser anime yang terkenal, Marina Sasaki (Barakamon, Kiseijuu)

Manga  diadaptasi  menjadi anime → animenya jadi terkenal → penjualan manga naik → Kaset Blu-ray nya ga kejual

Itu adalah sakit yang dirasakan oleh para perusahaan yang mengeluarkan 200 juta yen untuk membuat anime yang tidak laku, sedangkan manganya yang ga bayar sepeserpun ke perusahaannya, malah laku. Hal itu membuat kami berpikir, “Apakah kami membuat sebuah anime supaya manga/novelnya laku?”

Sejujurnya, keputusan untuk membuat season kedua dari komite produksi hanya dapat terjadi pada saat tertentu saja. Pada dunia ini (Industri Anime), Para perushaan bahkan tidak membicarakan mengenai season keduanya, melainkan membicarakan mengenai penjualan dari kaset Blu-ray dan memperhitungkannya jika mereka bisa meminimalisir kerugian mereka. Kemudian pertanyaan “Bagaimana cara kita mendapatkan keuntungan dari hal tersebut” menjadi topik utama dalam pembicaraan tersebut. Bahkan Layanan Streaming, yang menjadi secercah harapan bagi perusahaan tersebut, tidak mempunyai perbedaan yang signifikan dalam penjualannya.

Jadi, hal yang dapat kita simpulkan dari tweet tersebut yaitu Sepopuler apapun animenya, banyak orang yang suka, cerita yang menarik, dll, kalo blu-ray nya ga laku, tidak akan ada season selanjutnya dari anime kesukaanmu itu. Oleh karena itu, jika kalian ingin anime kesukaan kalian mendapatkan kelanjutannya, jangan bajak animenya beli Blu-ray originalnya. 😀

2. Kurangnya material cerita dari manga/novel originalnya

Saya seorang penggemar anime Suzumiya Haruhi no Yuuutsu, dan sampai saat inianimenya tidak lanjut karena beberapa alasan, salah satunya adalah novelnya yang tidak dilanjutkan sampai sekarang. Cerita juga berperan penting dalam kelanjutan sebuah anime.

“Tapi, kan ada Filler..” 

Memangnya kalian mau nonton anime yg isinya cuma filler doang? (ehm, NarutoPastinya gamau bukan? Sekalipun kalau mereka tetap memaksa untuk membuat kelanjutannya dengan menggunakan filler, para fans dari anime tersebut akan kecewa dan kita akan kembali lagi ke alasan yang pertama dimana hal yang penting bagi para studio anime adalah Kesuksesan Bluray-nya

3. Hubungan antara Studio dengan Publisher Manga/Novel yang tidak baik

Kasus ini kita bisa lihatpada anime Haruhi dan Nichijou. Dimana pada saat itu, Hubungan antara Kyoani (Studio yang membuat kedua anime tersebut) dan Kadokawa Shoten (Publisher manga/novel dari kedua anime tersebut) sedang buruk. Ditambah dengan penjualan DVD/Bluray yang buruk (kembali ke alasan satu) sehingga Kyoani memutuskan untuk membuat publisher buku sendiri dan meninggalkan Kadokawa. Dan karena Haruhi dan Nichijou itu adalah milik dari Kadokawa, maka Kyoani melepaskan project-project anime tersebut ke Kadokawa


Jadi bagaimana menurut kalian? Silahkan lemparkan pendapat dan opini kalian di kolom komentar dibawah ini! atau bisa join server discord kami (ada di sidebar website ini) biar kita bisa berdiskusi tentang hal hal yang berkaitan dengan anime, game, dll.

Wazzup! Nama saya RivoMCID atau biasa dikenal HirotoA7 (absurd, right?). Saya adalah seorang musisi sekaligus fotografer yang sangat menyukai anime. Saya biasanya menonton/membaca sebuah anime/manga yang bergenre School, Comedy, Romance, dan Slice of Life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × three =