Koe No Katachi (A Silent Voice) – Anime Review

Koe No Katachi bisa dibilang anime yang membuat pikiran kita terkadang sedih, terkadang juga marah.

Anime ini berbasis Movie yang berdurasi sekitar 2 jam. Anime yang menggambarkan kehidupan, yang membuat kita termotivasi dan tidak mudah menyerah dalam suatu hal. Saya sendiri banyak belajar dari anime ini karena di anime ini banyak sekali yang dapat kita ambil sisi positifnya. Semua masalah bakalan selesai jika di lakukan dengan baik.

Koe No Katachi

Story: 8,5/10

Anime ini sempat booming, dan juga hampir mengalahkan anime Kimi No Nawa (Your Name). Jika di tonton anime ini mungkin sedikit menggeramkan atau menjengkelkan, tetapi lama kelamaan akan kelihatan juga cerita yang sebenarnya. Anime ini diangkat dari manganya. Anime yang menceritakan tetang anak perempuan yang bisu dan tuli, membuat teman-temannya sewaktu SD membullynya. Memang sedikit menjengkelkan untuk diawalan, tetapi jika kalian menontonnya sampai habis kalian akan menemukan INTI cerita dari anime ini. Ceritanya dibawa santai saja, tidak perlu di pikirkan lebih dalam. Alur nya yang lumayan menarik dan tidak belok dari genrenya. Saya tidak menyangka Ooima, Yoshitoki pembuat manga, bakal membuat anime yang begitu terasa feelnya. Seperti yang saya bilang sebelumnya, anime ini banyak sekali menggambarkan kisah kehidupan. Dari anime ini kita juga dapat belajar banyak hal, sayangnya anime ini juga mengandung sedikit kekerasan terhadap orang yang kekurangan. Dari anime ini lah saya bisa menghargai betapa susahnya menjadi orang yang berbeda dengan yang lainnya.

Character: 7/10

Karakter-karakter pada anime ini mempunyai sifat menonjol yang berbeda-beda sehingga, saya sendiri bisa merelasikan mereka satu sama yang lain dengan baik. Selain itu, karakter-karakter pada anime ini juga bertumbuh sepanjang jalannya cerita. Maksud dari bertumbuh adalah perubahan sifat yang dialami setiap karakter seperti Ishida Shouya yang “tobat” setelah menjadi dewasa. Supporting cast di anime ini Sangat Mendukung dalam cerita ini, sangat mendukung dalam arti berperan penting dalam cerita yang sedang ditampilkan. Contohnya adalah Adiknya Shouko, Nishimiya Yuzuru. Saya mengira dia akan mendapatkan waktu tayang yang sedikit, tapi ternyata dia ada hampir di semua scene pada anime ini. Beberapa scene pada anime ini memiliki narasi yang dibawakan oleh sang Protagonis, Ishida Shouya. Secara pribadi, saya mempunyai karakter yang saya tidak sukai yaitu Ueno Naoka (teman saya akan berteriak “PUJI PAHA UENO” setelah saya selesai mengetik ini…) dan Kawai Miki. Tapi saya mewajarkan kebencian tersebut karena menurut saya sang mangaka dari cerita ini, Yoshitoki Ooima memang sengaja membuat sifat Ueno dan Kawai menjadi seperti itu agar cerita ini terlihat “bervariatif”. Karena keunikan karakter pada anime ini, mungkin saya akan mengingat setiap karakter di anime ini dengan baik.

Bagian ini diketik oleh HirotoA7.

UENO ITU TERBAIK, SUDAHKAH ANDA MEMUJA PAHA UENO PADA HARI INI?
-Glendy 2k17 (setelah melihat ini)

Baca Juga: Tales Of Zestiria Season 2 Review

Art: 9/10

Saya sangat senang karena di anime ini yang bekerja bagian art ialah Kyoto Animation. Art nya di anime ini menurut saya unik, terutama bagian background yang realistis sekali. Background yang penuh dengan warna, dan campuran warnanya pun sangat detail. Saya suka ketika mereka menggambarkan posisi karakter, dimana ada karakter yang bisa mencocokkan kecantikannya dengan gerakan badan (gerakakan paha, gerakan badan yang membuat karakter semakin manis). Saya cukup puas dengan penggambaran ekspesi, dimana ketika karakter sedang sedih, kecewa atau marah itu sangat terlihat nyata.

Sound: 8,5/10

Saya sangat suka dengan background song yang ada di anime ini, terutama The Who – My Generation. Lagu lawas yang membuat anime ini kelihatan unik, salah satu anime yang terkenal tetapi mempunyai soundtrack yang lawas wkwkw. Para Seiyuunya pun sudah bekerja dengan baik, terutama Nishimiya Shouko. Meskipun dia bisu, tapi ada loh di beberapa scene dia berbicara (ga jelas). Dan juga yang mainkan Nishimiya Shouko adalah salah satu seiyuu perempuan yang sudah terkenal dan banyak mengisi di beberapa anime yaitu Saori Hayami. Sumpah saya kaget waktu tau ternyata Saori Hayami lah yang mengisi suara Nishimiya Shouko. Tapi ada beberapa scene yang tidak terdengar suaranya, seperti hentakan kaki dan lemparan ke air (misalnya melempar sesuatu ke air gitu). Seiyuunya juga sudah bisa menafsirkan suara mereka dengan karakter mereka, misalnya mereka marah itu benar-benar sangatlah bagus

Tapi saya sedikit kecewa mengapa yang mengisi Nishimiya Shouko harus Saori Hayami, bukannya gimana, hanya saja hal itu bisa memotong beberapa budget. Seharusnya kan bisa Seiyuu yang lain, mungkin ada beberapa alasan yang belum di beritahukan sama Sound Direkturnya yaitu Tsuruoka, Youta.

Enjoyment: 9/10

Saya sangat menikmati anime ini, karena anime ini banyak sekali mengajarkan kita tentang kehidupan. Bagaimana ketika kita menjadi orang autis yang memiliki kekurangan, bagaimana kita harus memaafkan orang lain, bagaimana cara kita bisa berubah menjadi orang yang lebih menghargai sesaman. Anime ini cukup menyentuh terutama yang suka anime yang bergenre Drama, drama nya itu terasa bener. Semua masalah dapat di selesaikan dengan baik dan jelas, semuanya di jelaskan tidak ada plot yang kosong.

Post Author: Glendy Lubis

Maaf jika tidak professional dalam hal mengulas dan memberikan informasi. Karena saya tidak suka dengan kata 'professional' dalam hal menulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 3 =