Nichijou (Spring 2011) Review

Alo all! Perkenalkan, ane HirotoA7, admin baru disini. Ane adalah Partner/Senior dari GlendyLubis, daaan review ane bakal sedikit beda dari dia karena ane lebih fokus ke anime lama (2005 – 2015) sama anime yg bakal tayang nanti (Summer 2016).

Ok saatnya masuk ke dalam topik, kali ini ane bakal review anime comedy yg menurut ane terlucu sampai ane sakit perut (berlebihan yak xD)

75617Nichijou, artinya Kehidupan Sehari-hari, adalah manga karangan Keiichi Arawi (mungkin pen name). Nichijou mulai diserialisasi pada tahun 2006 di majalah bulanan Shonen Ace di Jepang. Animenya mulai tayang di season spring dan summer tahun 2011 (April hingga September) oleh studio Kyoto Animation dengan 26 episode dan OVA sebagai episode 0.

 

Basic Information

Episodes: 26
Status: Finished Airing
Aired: Apr 3, 2011 to Sep 25, 2011
Premiered: Spring 2011
Studios: Kyoto Animation
Genres: Comedy, School, Slice of Life
Duration: 23 min. per ep.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older
MAL Rating: 8.52

 

HirotoA7 Review:

Story: 8/10

Yaa, kalo ane bilang sih, Alur cerita Nichijou ini mirip dengan Danshi Koukousei no Nichijou karena story nya itu “random” atau acak acakan, ga ada prolog, ga ada epilog, dsb. Di episode 1 – 12, terdapat 2 arc, yaitu Arc Yukko, Mio, dan Mai, serta Arc Professor (anak anak tapi udah jadi professor xD) sama robotnya yg bernama Nano, tapi di episode 13 – 26, kedua arc ini bergabung. Slice of Life nya juga terasa banget di anime ini

Joke di setiap episode itu ngakak banget dan mudah dimengerti, di beberapa episode Nichijou, ada yg ngomong bahasa indonesia, kata katanya yaitu “Selamat Pagi”, “Selamat Malam”, dan “Sepak Takraw” (Meskipun jepangnya masih kental sih).

Character: 9/10nic

Terdapat 5 tokoh (+1 kucing) yang menjadi tokoh utama disini, mereka memiliki sifat dan jenis joke yg berbeda beda.
Di salah satu arc, kita akan melihat 3 teman bersahabat (di episode 13 dan seterusnya menjadi 4 seperti yg ane jelaskan di bagian Story), persahabatan mereka yg sedikit awkward dan juga lucu. Dan setelah itu, arcnya berganti menjadi seorang Professor (anak kecil, loli/moe?) dan robot yg ia buat bernama Nano (dan kucingnya yg bernama Sakamoto),  pada arc ini kita akan mendapat sebuah cerita slice of life yg lumayan kental, 2 orang yg masih sedikit bocah dan kucing yg dewasa (kebalik yak?)

Sound: 10/10

Satu hal yg bikin ane tercengan disini adalah OP1 nya, yaitu “Hyadain no Kakakata☆Kataomoi – C” yg dinyanyikan oleh Hyadain, lagunya sungguh energetic dan bisa bikin kita semangat sebelum menonton animenya, dan di ED2 nya, kita akan disuguhi lagu “Zzz” yg dinyanyikan oleh Sasaki Sayaka, lagunya kalem, membuat kita teringat story yg telah kita tonton, Lalu OP2 nya (ane ga terlalu suka) yaitu “Hyadain no Joujou Yuujou” yg dinyanyikan oleh penyanyi yg sama, dan anime ini (setelah episode 13) memiliki sekitar 13 Lagu ED yg berbeda setiap episodenya.

Suara seiyuunya pas dengan karakter yg dimainkan, ga ada kalimat yg ga pas, intonasi dsb nya sangat pas, Sound Effect yg digunakan juga sangat bagus, dan berperan penting dalam setiap joke yg dilakukan oleh setiap tokoh

Art: 10/10

Art dan Animation yg dibuat oleh Kyoto Animation sangat cocok dengan animenya, suasana yg cerah, camera yg tidak terlalu kaku disetiap adegan, karakter yg digambar juga sangat bagus dan di beberapa adegan sangat lucu

nichijoustare
Yukko and Mio poker face…

Overall Rating: 9.4/10

Kesimpulan:

Bagi kalian yg suka anime comedy dan Slice of Life, jangan ragu ragu untuk nonton anime ini! Joke nya yg mudah dimengerti, art yg menjadi ciri khasnya Kyoto Animation, dan soundtrack yg membuat semangat sekaligus kalem

ok, itu aja review ane, makasih udah membaca review ane yg (agak) panjang ini xD
Stay tuned untuk review anime lainnya di Loligane.tk bersama HirotoA7 dan GlendyLubis!
Kalian punya review tersendiri tentang Nichijou? Bagikanlah di komen dibawah post ini!

A Freelance Editor, Photographer, and Musician. Currently working on Loligane.com as Video Editor, Webmaster, and Writer.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve + 19 =