Summer Wars (Summer 2009) Review Indonesia

Ketemu lagi dengan saya, HirotoA7! Kali ini, saya akan mengulas sebuah film yang saya rasa salah satu film dengan story terbaik yang saya pernah nonton. Dan judul Filmnya adalah:

Summer Wars

Summer Wars adalah film buatan Madhouse yang bercerita tentang Kenji Koiso, remaja berumur 17 Tahun yang pintar matematika dan Natsuki Shinohara serta keluarganya yang merayakan ulang tahun neneknya yang ke – 90 Tahun. Tapi saat perayaan ulang tahun neneknya itu, Keluarga Natsuki dan Kenji terlibat dalam perang cyber melawan AI yang mencoba menguasai dunia virtual OZ.

Summer Wars
Poster (from MyAnimeList.net)

Type: Movie

Aired: Aug 1, 2009
Studios: Madhouse
Source: Original
Genres: Sci-Fi, Comedy
Duration: 1 hr. 54 min.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older
Pada tanggal 6 Mei 2017, Film ini mendapatkan skor 8.27 dari 150.495 pengguna MyAnimeList.

Story:

Summer Wars
Keluarga Jinnouchi

Seperti kebanyakan film, Summer Wars menggunakan cerita berbasis continuous, dimana alur ceritanya bergerak maju. Bagi saya, cerita film ini tidak terlalu kompleks tapi saya tidak bisa bilang kalau ceritanya simpel. Ceritanya saya bisa bilang unik karena susah diprediksi (pada saat battle juga memang saya tidak menyangka bahwa ada battle lagi). Untuk pacingnya sendiri, film ini tidak terlalu terburu buru dan tidak terlalu lambat. Unsur komedinya juga lucu, dramanya juga terasa sekali (tapi ga ada fanservice :P). Endingnya membuat kita semua lega setelah menonton begitu banyak battle yg membuat kita tegang.

Art:

Summer Wars

Artnya sendiri hampir seperti Studio Ghibli dimana backgroundnya terlihat realistik sedanglan karakternya sendiri tidak. Madhouse memang membuat karakter pada film filmnya (Toki wo Kakeru Shoujo dan Ookami Kodomo no Ame to Yuki) seperti karakter CGI. Meskipun begitu, style karakter dan backgroundnya tetap bisa menyatu. Dari pengamatan saya, animasi karakternya agak terlihat kaku. Semua karakter yang ada di film ini terlihat unik dan tidak ada yang mirip dengan film film buatan Madhouse lainnya sehingga kita mudah menceritakan bagaimana bentuk dan tampang karakternya.

Sound:

Setiap seiyuu-nya cocok dengan karakter yang dimainkannya. Dan sesuatu yang membuat saya tercengang adalah, Seiyuu sang Protagonis (Kenji Koiso) sama dengan protagonis dari Kimi no Na Wa (Taki Tachibana). Background Musicnya cocok juga dengan scene yang ada. Dimana semua BGMnya itu mengandung genre Electronic dan sedikit Klasik. Dalam beberapa scene, memang saya tidak menyadari BGMnya. Untuk lagu Endingnya sendiri saya tidak terlalu perhatikan karena saya memang skip creditnya.

Character:

Summer Wars
(another) Keluarga Jinnouchi

Sang protagonis (Kenji Koiso) adalah salah satu karakter yang menurut saya pintar tapi dalam hal tidak wajar. Tapi dia bisa mengembangkan kepintarannya dalam alur cerita ini. Menurut saya, setiap karakter kurang realistik dalam bereaksi di setiap situasi dan event. Antagonisnya sendiri mempunyai motivasi yaitu ingin tahu segalanya sampai sampai menguasai sebuah dunia virtual cuma untuk “keingin tahuannya”. Supporting characternya sih, terlalu banyak. Karena keluarga Jinnouchi berjumlah sekitar 20 orang yang menurut saya terlalu banyak bagi keluarga yang tinggal di satu rumah.

Enjoyment:

Summer Wars

Saya sendiri sangat menyukai film ini karena ceritanya yang unik, dan setiap karakter saling membantu satu sama yang lain dalam perang cyber itu. Meskipun menurut saya film ini bagus, saya mungkin tidak ingin menonton ulang/rewatch lagi film ini kedepannya (kecuali nonton bersama teman atau keluarga) karena list Currently Watching saya yang lumayan padat. Saya bisa saja mengingat film ini karena sifat kekeluargaannya yang sangat kuat dan jenis cerita yang memang saya sukai.

Score from me: 9.2/10.0

“Never turn your back on family, even when they hurt you.” – Sakae Jinnouchi

Sekian review saya mengenai Film Summer Wars ini! Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah untuk kritik dan saran atau pendapat kalian mengenai film ini!

 

Keep calm and, Mantab Jiwa
RivoMCID // HirotoA7

Facebook Comments

Post Author: Junichirou Hiroto

A Freelance Editor, Photographer, and Musician. Currently working on Loligane.com as Video Editor, Webmaster, and Writer.

2 thoughts on “Summer Wars (Summer 2009) Review Indonesia

    Irvan Fauzi

    (Mei 6, 2017 - 10:46 pm)

    Dulu saya di rekomendasiin sama temen, karena dia tau saya suka film yang baru-baru “hacker”, terus disuguhin anime ini. Dan, sesuai ekspetasi, bagus. akwkakwaw
    Cuma saya enggak terlalu suka sama eksekusi cerita si MC. Dramanya kurang. Dianya terlalu bego kalo urusan romance. huehehehe.
    Dan saya sampe nonton 2x, versi bahasa Inggris sama yang Jepangnya. Well, masih bagus Jepangnya sih, karena udah terbiasa dengar dub Jepang.

      HirotoA7

      (Mei 9, 2017 - 11:33 am)

      wkwkwkwkwkwk, dat bego thou
      memang sih di film ini dramanya kurang, rata rata cuma di Perang sama karena “kebegoan” si MC.
      Kalo saya sih lebih prefer ke dub jepang juga, karena kalo dub inggris itu serasa kek kurang original gitu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 15 =