3 Cara Tercepat dan Terbaik Menurunkan Berat Badan (Diet 2020!)

Di tahun 2020 ini kita masih sering mendengar yang namanya “Diet” atau menurunkan berat badan. Berbagai cara dilakukan, ada yang berpuasa 1 hari, ada yang tidak makan di pagi hari dan ada pula yang tidak makan di malam hari. Semua cara dilakukan demi mendapatkan tubuh yang ideal. Namun yang menjadi pertanyaannya ialah, apakah cara kita berdiet atau cara kita menurunkan berat badan itu sudah benar?

Hal ini harus kita pertimbangkan, karena banyak sekali orang diluar sana melakukan diet dengan cara yang tidak seharusnya dia lakukan. Cara ekstrem belum tentu membuat tubuh anda ideal dan berat badan anda menurun, melainkan hanya menyakiti tubuh anda.

Saya pernah berkonsultasi ke dokter, dan beliau berkata seperti ini;

Diet itu bukan berarti tidak makan, melainkan mengontrol apa yang akan kita makan.

Dan setelah saya membaca berbagai artikel, ternyata hal itu memang benar. Dalam melakukan diet perlu kesabaran dan keinginan yang kuat.

Ingat, jika anda merasa keberatan dengan tips yang saya berikan, maka jangan dilakukan. Lebih baik anda mencari hal yang sesuai dengan kondisi tubuh anda. Jangan pernah memaksakan tubuh anda. Kalau begitu, berikut 3 Cara Tercepat dan Terbaik dalam melakukan Diet / Menurunkan berat badan.

1. Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat

Hal yang paling utama dalam mengurangi lemak dalam tubuh adalah mengurangi konsumsi kita terhadap makanan yang mengandung banyak Gula dan Karbohidrat. Ketika anda melakukan hal ini, maka tingkat lapar anda akan menurun dan anda akhirnya mengkonsumsi sedikit kalori.

Sekarang, selagi tubuh anda membakar karbohidrat untuk energi. Tubuh anda juga mulai memakan lemak yang tersimpan dalam tubuh anda.

Manfaat lain dari mengurangi karbohidrat dalam tubuh adalah menurunkan kadar insulin, yang menyebabkan ginjal anda melepaskan kelebihan sodium dan air dari tubuh anda.

Karbohidrat dan Gula

Dalam melakukan hal ini, tidak jarang seseorang akan kehilangan 10 kilo (terkadang lebih) dalam seminggu. Oleh karena itu, kurangi makan-makanan berkarbohidrat dan otomatis anda akan memakan kalori dalam jumlah yang sedikit tanpa adanya rasa lapar.

Berikut adalah sebuah grafik data yang saya temukan di suatu website kesehatan. Grafik dari studi yang membandingkan diet rendah karbohidrat (Low-carb diets) dan rendah lemak (Low-fat diets) pada wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Grafik Studi

Kelompok karbohidrat rendah (low-carb) adalah kelompok yang makan sampai kenyang, sedangkan kelompok rendah lemak (low-fat) adalah kelompok yang makannya dibatasi oleh kalori dan lapar, jadi kelompok ini makan tapi tidak sampai kenyang, hanya sebatas makan saja.

Perlu dipahami bahwa :

  1. Gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Jika kadar Glukosa atau Gula anda tinggi, maka akan disimpan dalam otot dan hati dalam bentuk glikogen.
  2. Fungsi Karbohidrat adalah sebagai sumber energi utama bagi tubuh.
  3. Kalori adalah jumlah energi yang anda dapatkan dari makanan dan minuman, atau energi yang kita bakar melalui aktivitas sehari-hari.

Singkatnya :

Mengurangi atau menghindari karbohidrat dan gula dalam diet anda akan mengurangi nafsu makan, mengurangi kadar insulin anda dan membuat berat badan anda turun tanpa rasa lapar.

2. Makan Protein, Lemak dan Buah

Dalam makanan anda setidaknya harus mengandung sumber protein, sumber lemak dan sayuran yang memiliki karbohidrat rendah.

Membangun pola makan anda dengan cara ini secara otomatis akan membawa asupan karbohidrat Anda ke kisaran yang disarankan 20-50 gram per hari.

Protein, Lemak dan Buah

Mengatur pola makan anda dengan cara ini secara otomatis akan membawa asupan karbohidrat anda ke kisaran yang disarankan yaitu 20-50 gram per hari. Ketika asupan karbohidrat anda dibawah 50 gram, maka tubuh anda akan menuju ke tahap ketosis. Tahap ketosis adalah tahap dimana tubuh tidak memiliki persediaan karbohidrat yang cukup untuk dibakar. Maka dari itu, sebagai gantinya tubuh akan membakar cadangan lemak. Tahap ini akan membunuh selera makan anda dan menurunkan berat badan anda.

Sumber Protein

  • Daging: Daging Sapi, Ayam, Daging Babi, Dan lain-lain.
  • Ikan dan Seafood: Salmon, udang, Dan lain-lain.
  • Telur: Telur utuh dengan kuningnya.
Salah satu penelitian pada pria gemuk menunjukkan bahwa protein pada 25% kalori dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi keinginan untuk ngemil pada tengah malam dan mengurangi pikiran obsesif tentang makanan hingga 60%. Maka dari itu mengkonsumsi protein sangatlah penting. Selain mengurangi berat badan, protein juga dapat mencegah meningkatnya berat badan anda.
“Protein is King.” — Dr. Spencer Nadolsky

Sayuran yang berkarbohidrat rendah (Low-carb Vegetables)

  • Brokoli
  • Kubis
  • Tomat
  • Selada
  • Timun
  • Jamur
  • Alpukat

Jangan takut untuk memasukkan sayuran berkarbohidrat rendah seperti diatas. Anda dapat memakannya dalam jumlah besar tanpa melebihi 20-50 gram karbohidrat per harinya. Sebagian besar Diet didasarkan pada daging dan sayuran yang mengandung semua serat, vitamin, dan mineral yang akan membuat anda sehat dalam melakukan diet.

Sumber Lemak

  • Minyak Zaitun
  • Minyak Kelapa
  • Minyak Alpukat
  • Mentega

Makanlah 2 sampai 3 kali sehari. Jika anda merasa lapar di sore hari, tambahkan juga makanan ke-4. Jangan takut untuk makan-makanan yang mengandung lemak, karena melakukan diet low-carb (Karbohidrat rendah) dan low-fat (Lemak Rendah) di waktu yang sama adalah akar kegagalan anda. Hal ini akan mengakibatkan anda merasa sengsara dan meninggalkan rencana diet. Tetap balance, and make it easy!

Singkatnya :

Campurkan makanan anda dengan sumber protein, sumber lemak, dan sayur rendah karbohidrat. Hal ini akan membuat anda berada dalam kisaran 20-50 gram karbohidrat dan secara signifikan menurunkan tingkat lapar anda.

3. Lakukan Olahraga Angkat Berat 3 Kali dalam Seminggu

Sebenarnya, anda tidak perlu untuk berolahraga untuk menurunkan berat badan pada rencana ini, tetapi seperti yang kita tahu, olahraga sangatlah penting, maka dari itu hal ini sangat disarankan.

Pilihan terbaik bagi anda yang ingin lebih serius dalam menurunkan berat badan ialah pergi ke gym 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Lakukan pemanasan dan angkat beban yang cukup berat. Hal ini akan membakar banyak karbohidrat yang ada di dalam tubuh anda serta mencegah melambatnya metabolisme, yang merupakan efek samping dari penurunan berat badan.

Angkat Beban!

Jika anda baru masuk atau pertama kali ke gym, tanyalah kepada pelatih yang disana untuk sebuah saran. Hal ini harus anda lakukan sebelum memulai pemanasan dan mengangkat sebuah beban. Lebih baik bertanya terlebih dahulu.

Disisi lain, fungsi protein disini sangat dibutuhkan. Karena protein sangat membantu anda dalam membakar lemak yang ada didalam tubuh anda. Penelitian pada diet low-carb menunjukkan bahwa anda bisa mendapatkan sedikit otot sambil kehilangan banyak lemak dalam tubuh.

Jika mengangkat beban bukanlah pilihan anda, atau anda tidak memiliki cukup uang untuk melakukan gym, maka jalan terbaiknya ialah melakukan olahraga kardio seperti berjalan, joging, lari, bersepeda atau berenang yang akan menambah kesenangan anda dalam melakukan hal diet.

Komentar

%d blogger menyukai ini: