5 Fakta Hewan Yang Membuat Pikiran Kalian Meledak!

Di dunia ini kita memiliki banyak hewan yang menarik, bahkan bisa kita pelihara di rumah! Mulai dari hewan darat sampai hewan udara pun dapat kita pelihara loh! Namun, siapa sangka kalau dari banyaknya hewan tersebut, ternyata mereka semua memiliki keunikannya masing-masing loh, berikut fakta menariknya!

1. Siput yang dapat tidur selama 3 Tahun

Siput adalah hewan yang kecil dan unik, jalannya yang lambat serta cangkang yang memiliki berbagai macam bentuk sering kita jumpai. Uniknya lagi, sama seperti hewan yang lainnya, ternyata siput juga membutuhkan hibernasi untuk bertahan hidup dalam menghadapi berbagai cuaca, maupun dalam cuaca dingin dan panas. Contohnya Siput Gurun atau yang biasa dikenal dengan Desert Snails adalah salah satu spesies siput yang mampu tidur atau hibernasi selama 3 tahun di gurun!

Siput gurun akan mengubur diri mereka kedalam tanah dan menutup cangkang mereka menggunakan lendir yang mereka produksi sendiri. Siput gurun dapat mendeteksi udara kering dan mengubur diri di bawah tanah agar menjaga kelembapan. Mereka juga dapat bertahan selama 3 tahun menunggu sampai temperatur atau cuaca yang sesuai dengan kondisi tubuh mereka, lalu mereka keluar dari tanah untuk melanjutkan kehidupan mereka, dan Rata-rata umur para siput berkisaran 15 tahun saja loh, cukup pendek kan?

2. Hiu Betina Melahirkan Tanpa Hiu Jantan

Kalau berbicara tentang hiu, pasti yang ada dipikiran kita adalah hewan bertubuh besar dan menakutkan bukan? Giginya yang tajam serta kehebatannya di dalam lautan tentu menjadi lawan terbesar bagi kita yang sering ke laut. Namun, siapa sangka kalau hewan ini ternyata memiliki keunikan tersendiri, yaitu dapat menghasilkan keturunan tanpa berhubungan langsung dengan hiu jantan!

Sebuah hiu betina spesies hammerhead melahirkan keturunan tanpa melakukan hubungan kawin dengan sebuah hiu jantan, kepala dari Queen’s research team and study co-author, Dr Paulo Prodöhl, dari sekolah ilmuwan biology menyampaikan bahwa: “penemuan ini sangatlah mengejutkan karena sepanjang yang semua orang tau, hiu menghasilkan keturunan dari hubungan kawin hiu jantan dan betina yang memerlukan embrio untuk mengumpulkan kedua DNA orang tua hiu untuk pertumbuhan yang penuh layaknya mamalia lainnya”

“Penemuan bahwa hiu dapat menghasilkan keturunan secara aseksual atau tanpa pasangan secara parthenogenesis yang dimana perkembangan di dalam embrio tanpa dibutuhkannya fertilisasi pada telur hiu betina merubah pola pikir, jenis reproduksi seperti ini tidak pernah dilihat sebelumnya”

Penemuan ini ditemukan pada aquarium di Henry Doorly Zoo, December 2001.

3. Satu Sapi dapat menghasilkan 200.000 gelas susu!

Siapa yang tidak mengenal sapi? Sapi adalah hewan ternak mamalia yang sering kita jumpai dimanapun, biasanya nih, hewan ini dipelihara untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya. Selain itu juga, kita dapat melihat bahwa kulit sapi, jeroan, tanduk dan kotorannya bisa dimanfaatkan manusia sebagai hasil sampingan loh. Namun siapa sangka kalau sebuah sapi perah ternyata dapat menghasilkan rata-rata 18,750 galon/378.541 liter susu atau setara dengan 200,000 gelas susu dalam jangka hidupnya.

Gambar Sapi

Salah satunya adalah Sapi California yang rata-rata dapat menghasilkan 19.825pon susu setiap tahun, lebih banyak susu per sapi daripada negara bagian mana pun. Itu adalah 2.305 galon susu setahun atau sekitar 8 galon susu setiap hari selama periode pemerahannya. Itu cukup bagi 128 orang untuk minum segelas susu setiap hari!

4. Kucing bisa alergi terhadap manusia

Kucing adalah hewan sejuta umat atau yang bisa dibilang hewan yang paling banyak digemari oleh manusia. Bulu yang tebal, corak kulit dan bentuk yang imut, itulah yang menjadi daya tarik mereka bagi kita. Banyaknya jenis kucing di dunia ini membuat mereka semakin terlihat menarik di mata kita, namun siapa sangka kalau kucing juga memiliki alergi terhadap manusia? Hal ini telah diteliti oleh ilmuwan yang bernama Raelynn Farnsworth.

Gambar Kucing

Menurut Raelynn Farnsworth dari Washington State University’s College of Veterinary Medicine. Hal ini bisa terjadi.Kucing mendapatkan alergi musiman terhadap serbuk sari dan rumput, dan beberapa di antaranya alergi kutu dan tungau sepanjang tahun. kucing bahkan terkadang bisa alergi terhadap manusia. ketika kucing berinteraksi dengan alergen, tubuh mereka mengirimkan antibodi imunoglobulin E untuk dihubungkan dengan alergen tersebut, memicu pelepasan histamin dan bahan kimia lain yang menyebabkan mata gatal, hidung meler, bersin, gatal-gatal dan ruam. Kucing bahkan bisa alergi terhadap hewan peliharaan lainnya. Dokter hewan menawarkan anti histamin bagi anjing untuk mengobati alergi kucing, kuda, dan burung

Gejala alergi kucing dapat bermanifestasi sebagai dermatitis militer, yang membuat beberapa rambut yang hilang. biasanya di sekitar daerah kepala dan leher, meskipun itu dapat terjadi di tempat lain.

5. Beruang Kutub

Siapasih yang tidak tahu dengan hewan yang satu ini? Hewan yang hidup di antartika dan dapat bertahan pada suhu yang sangat dingin. Hewan lucu satu ini memiliki keunikan tersendiri dalam bersosialisasi, salah satunya, dalam menyapa mereka menyentuhkan hidung mereka satu sama lain, hal ini juga adalah cara mereka dalam meminta makanan kepada teman-teman mereka. Jadi sebuah beruang akan mendekati beruang lainnya yang sedang makan, lalu mereka saling menyentuhkan hidung mereka untuk meminta izin makan bersama. Siapa yang mengira kalau beruang berbulu putih ini memiliki etika terhadap sesama spesies

Gambar Beruang Kutub

Komentar

%d blogger menyukai ini: