5 Hal Yang Harus diperhatikan Sebelum Memulai Vlogging

Pada umumnya, Vlog atau Video Blog adalah sebuah konten yang memberikan edukasi Bermanfaat kepada para audiens atau para penontonnya, tapi belakangan ini yang ‘saya’ lihat, definisi Vlog semakin dilupakan, ada beberapa youtuber yang setiap hari mengupload videonya yang bertemakan Vlog, tapi manfaatnya tidak ada…. yaa… paling cuman Motivasi. Tapi dikesempatan kali ini saya tidak akan membahas hal itu teman-teman, melainkan saya akan membahas ‘5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMULAI VLOG!”

Vlogging
Vlogging

Seperti yang kita tahu, banyak sekarang youtuber yang suka menggunakan konten ini untuk mengisi kekosongan di Channel mereka, meskipun mereka hanya memperlihatkan kehidupan mereka sehari-hari. Nah, hal ini tentunya sangat banyak digemari oleh banyak orang, khususnya para generasi muda indonesia yang ingin menghasilkan duit dari Youtube. Tapi tahukan kalian? faktanya untuk memulai sebuah Channel Youtube itu tidak segampang yang kalian kira loh! Banyak yang harus diperhatikan, khususnya dalam memulai sebuah VLOG! 
Dan berikut beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum memulai dunia Vlogging

1. Equipment

Yup! Hal pertama yang harus kita perhatikan sebelum memulai ialah Equipment atau barang yang kita akan gunakan. Tentunya tanpa alat dan barang utama, kita tidak bisa memulai sesuatu, khususnya dalam hal vlogging. Hal yang paling penting diperhatikan adalah apa yang ada di tangan kalian teman-teman, yang ada ditangan kalian itu sekarang apa? Handphone? Handycam? atau Kamera? Hal inilah yang harus kita perhatikan, karena Equipment atau barang yang akan kita gunakan akan menentukan seberapa bagus kualitas video yang akan dihasilkan nanti. Saran saya lebih baik menggunakan apa yang kalian punya terlebih dahulu, tidak apa-apa kalau kualitasnya kurang bagus, dengan modal Handphone dengan Gorillapod kalian sudah bisa memulai dunia Vlogging, tentunya dengan konten yang bermanfaat kalian mendapatkan visitor atau pengunjung tetap, bahasa mudahnya pelanggan.

2. Speech

Speech, apa itu Speech? Speech bisa diartikan sebagai Bahasa, Kemampuan bicara atau Cara Berbicara. Nah, bedanya Vlog dengan Blog ialah, kalau Vlog kalian berbicara langsung di hadapan kamera, sedangkan Blog kalian menulis. Lah terus apa hubungan? tentu hal ini sangat berhubungan! Karena jikalau kita memulai Vlog, maka kita harus pandai berbicara, memang agak canggung ketika kalian baru pertama kali mencobanya, tapi akan terbiasa jikalau kalian sering melakukannya, salah satu hal yang bisa kalian coba ialah berbicara di depan cermin. Jadi setiap hari berbicara di depan cermin? yaa… ga juga, kalau bisa sisipkanlah sebagian waktu luang kalian untuk latihan di depan cermin. Selain itu, ada lagi loh cara yang lebih efektif, hal ini bisa menjadi comparison atau perbandingan kalian di setiap waktu, apa itu? caranya ialah kalian langsung memulainya dengan sebuah kamera dan kalian jalan-jalan sambil berbicara di depan kamera kalian, hal ini akan membuat kalian tidak kehabisan topik, karena kalau kalian kelamaan jeda atau bingung mau ngomong apa, bakal repot nanti urusan belakangnya (bisa dari proses editing ataupun kegantungan yang akan dirasakan penonton sendiri).

3. Script

Script bisa dibilang menjadi salah satu pondasi yang paling penting dan tidak bisa dianggap remeh, karena script inilah yang mengatur seluruh jalan cerita yang terjadi dikamera nantinya. Script atau yang biasa disebut dengan Naskah ini sering dianggap remeh youtuber beginner dikarenakan pembuatannya yang cukup melelahkan serta memakan waktu yang cukup banyak, tapi tahukah kalian? kalau Script ini sangat amat penting, karena Script ini yang mengatur bagaimana kalian berbicara di depan kamera, kapan menggunakan jokes, apa lagi yang akan ucapkan, dan masih banyak lagi. Biasanya Script ini lebih dititik fokuskan pada pembuatan film, tapi untuk para youtuber hal ini perlu kita perhatikan, sekali lagi PERLU DIPERHATIKAN agar video kalian tidak lari serta bingung mau ngapain di kamera nanti.

4. Mental

Salah satu hal yang cukup menganggu ketika membuat Vlog adalah mentalitas kita. Disini saya berbicara ketika kalian sedang rekaman diluar (Outdoor) dan kalian itu orangnya pemalu dan tidak pede, mungkin hal ini dianggap wajar dibeberapa kota besar, tapi bagaimana jika dikota kalian itu tidak biasa melihat orang berbicara seperti orang gila di depan kamera? jujur saja, saya sering mengalami hal ini ketika sedang berencana vlog diluar rumah. Hal yang paling penting untuk menghindari hal ini ialah:

  • Fokuskan dirimu pada kamera saja
  • Perhatikan keadaan sekitar, tapi jangan terlalu terpaku dengan tekanan yang diberikan keadaan sekitar

Bagi saya, cuman 2 hal itu yang harus kita perhatikan disaat mau melakukan vlogging. Tetap fokus, agar tidak kehilangan topik yang kalian ingin bicarakan dan perhatikan keadaan sekitar, jangan nabrak lampu merah, bahaya toh?

 

5. Skill Editing

Skill Editing adalah hal terakhir ketika kalian melakukan vlogging. Bagaimana editan kalian mengenai Thumbnail, karena Thumbnail ini bisa dibilang hal yang menjadi daya tarik pertama penonton atau bahasa mudahnya kesan pertama, kalau Thumbnail kalian menarik pasti penonton akan mengklik video kalian. Saya sarankan belajarlah menggunakan Photoshop, karena Photoshop itu standar editing, lalu pelajari mengenai resolusi Thumbnail untuk youtube. Selain itu, yang perlu kita perhatikan ialah Editing Video, hal ini bisa dibilang cukup rumit, makan banyak waktu dan membuat kita malas. Tapi tahukah kalian? bahwa Kualitas suatu video ditentukan seberapa jagonya kita mengedit video tersebut, Begini Rumusnya:

  • Tambahkan Background Sound (Usahakan Free Copyright)
  • Cut beberapa Scene yang tidak penting, agar menghemat durasi video
  • Tambahin Sound Effect seperti para vlogger lainnnya, ada yang ketawa, ada yang sad “OOUH”
  • Tambahin gambar yang membantu komedi video

Komentar

%d blogger menyukai ini: