Apa itu Interpersonal dan Impersonal dalam hubungan Komunikasi?

Komunikasi adalah hal yang terpenting di dalam kehidupan kita. Setiap harinya kita melakukan hubungan komunikasi, mulai dari kita mengenal pribadi seseorang, berjumpa dengan seseorang, bahkan berbicara di depan seseorang itu sudah dianggap Komunikasi.

Di dalam sebuah komunikasi yang kuat, kita dapat mengenal pribadi seseorang lebih dalam lagi, bahkan dari komunikasi yang kuat kita bisa mengetahui hal yang tidak terucap dari lawan bicara kita.

Thomas F. Mader dan Diane C. Mader (1990) membedakan antara Impersonal Communication dan Interpersonal Communication. Berikut penjelasannya:

1. Impersonal Communication

Komunikasi Interpersonal adalah komunikasi dimana ketika kita masing-masing saling memahami namun tidak ada keterlibatan emosi secara pribadi. Contoh kecilnya terdapat di jalan raya, kita bisa memahami seseorang akan berbelok ke kanan ketika sebuah motor menyalakan lampu sen kanan.

2. Interpersonal Communication

Komunikasi Interpersonal adalah Komunikasi dimana masing-masing individu atau kelompok saling memahami dan ada keterlibatan emosi pribadi atau involvement with (ada keterlibatan) dan commitment to (ada komitmen). Menurut kedua pakar ini, Interpersonal Communcation memiliki kualitas kedekatan yang lebih tinggi dibanding Impersonal. Sebagai contoh, Guru dengan Murid, Anak dengan Orangtua, dan lain-lain.

Menurut Peter Drucker, Kemampuan Interpersonal Communication sangatlah penting. Katanya begini:

Yang terpenting dalam berkomunikasi adalah menyimak sesuatu yang tak terungkapkan melalui mulut.

 

Komentar

%d blogger menyukai ini: