Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen – (2019) – Anime Review

Sebenarnya aku ga ada niatan untuk nonton anime ini, karena kata admin Hiroto (kebetulan dia baca manganya) Storynya bagus, romancenya best, makanya deh aku tonton… ya meskipun agak telat sih wkwkwkw, soalnya musim kemarin tuh banyak betul anime yang bagus terus ga ada waktu untuk nonton. Dan inilah ulasan saya mengenai anime yang bergenre Romance-Comedy, Kaguya-Sama.

Anime ini juga cukup menarik perhatian saya karena rating di MyAnimeList cukup bagus, nyetuh 8,50. Pokoknya gua kalau dah liat anime Romance terus ratingnya diatas 8 pasti bagus ini wakwakwakw… makanya aku coba tonton

Kaguya-Sama Basic Information

Type: TV
Episode: 12
Rilis: Jan 12, 2019 – Mar 30, 2019
Producers: Aniplex, Mainichi Broadcasting System, Magic Capsule, Shueisha, East Japan Marketing & Communications
Licensors: Aniplex of America
Studios: A-1 Pictures
Source: Manga
Genres: Comedy, Psychological, Romance, School, Seinen
Sinopsis:
Shinomiya Kaguya dan Shirogane Miyuki adalah dua murid jenius yang berposisi sebagai petinggi OSIS di sekolah bergengsi mereka dan menjadikan mereka sebagai elit di antara para elit. Tapi berada di puncak terasa sepi dan masing-masing mereka saling jatuh cinta. Hanya ada satu masalah yang menghalangi kebahagiaan mesra— mereka terlalu gengsi untuk menyatakan cinta duluan dan hal itu menjadi “pecundang” dalam pertarungan cinta. Dan dimulailah rencana-rencana untuk memaksa salah satu pihak menyatakan cinta duluan!

Story: 9/10

Masalah cerita bagi saya cukup menarik, dimana ada dua pasangan yang bisa dianggap High Class di sekolah mereka. Ceritanya mudah dipahami dan bagus untuk mengisi luang waktu, tidak terlalu berat karena hanya bertemakan sekolah diisi dengan genre Romance yang dimana menambah kualitas pada anime ini. Meskipun ada beberapa adegan cliche namun tidak membuat saya kecewa dengan anime ini, berbeda dengan anime Romance School yang lainnya, yang dimana kita bisa melihat adegan cliche yang sering muncul.

Dalam anime ini juga ada seorang narator yang terkadang berbicara di setiap kejadian, terkadang muncul diawal untuk membuka sebuah cerita dan menutup sebuah cerita. Terkadang juga muncul untuk berpindah dari bagian 1 ke bagian 2, biasanya di menit 13. Namun, bagi saya ini cukup mengganggu sekali, karena anime ini mencari aman dibandingkan memperlihatkan kejadian tersebut. Ada beberapa adegan yang bagi saya itu penting banget untuk di perlihatkan, namun si narator tiba-tiba “telling” not “showing” the scene.

Disisi lain, saya juga terganggu dengan perkataan yang dia ulangi setiap mengatakan “Pemenangnya adalah” dan “Kekalahan ini”. Ingin mencoba berbeda dari anime yang lainnya, tapi terlalu Childish, apakah sepenting itu memberitahu siapa yang menang dan siapa yang kalah? atau cuman ingin mempertahankan judul dari anime ini? Love is war?

Saya memberikan nilai 9/10 untuk anime ini karena berbeda jauh dengan anime romance yang biasa saya tonton. Untuk saat ini gua masih berpegang pada Tsuki Ga Kirei, tapi beda kasus dengan anime yang bertemakan SMA ini, dimana kedua karakternya pintar, cerdas, tapi disisi lain mereka ini pemalu dan tidak berani mengungkapkan perasaan mereka. Berbeda dengan Ao Haru Ride dan anime mata gede lainnya. Gua enjoy banget sih ceritanya, apalagi pengembangan alur yang dimana episode 11 sempat bikin gua patah hati parah namun dipulihkan di episode 12, wow mindblow!

Character: 8/10

Kaguya yang kaya, berbakat sejak kecil, pintar, cerdas dan pemalu ini bagi saya tidak mendapatkan Character Development yang cukup. Dari awal episode hingga berakhirnya anime ini, Kaguya selalu seperti itu, sikapnya yang tidak berani mencoba, selalu berpikiran yang aneh-aneh, hingga pada akhirnya dia memberanikan diri untuk mencoba hal yang pengen dia kejar, dan itupun terdorong karena dibantu oleh Hayasaka si Maid waifu aku hehe. Dan mungkin hal ini juga bisa dikarenakan masa lalu Kaguya, yang dimana dia menjauh dari anak-anak kecil biasanya, ga bisa dibantah juga sih. Dia ga berani mencoba sesuatu dikarenakan masa lalu yang begitu jauh dari masyarakat.

Berbeda dengan Shirogane Miyuki yang selalu bekerja keras untuk mendapatkan nilai tinggi, mendapatkan uang dengan bekerja keras. Hal ini yang membuat pengembangan karakter pada Shirogane Miyuki sangat banyak, mungkin hal ini terpengaruh karena dia bukan keluarga yang kaya dan termasuk 1% dari 99% orang elit, terlihat ketika dia berkunjung kerumah Kaguya.

https://www.zerochan.net/2513901

Fujiwara Chika, karakter yang selalu bahagia dan ceria, sebenarnya Chika ini yang membuat anime ini tidak terasa hampa. Dan yang aku suka lagi, Chika selalu ada untuk mengganggu hubungan Miyuki dan Kaguya, khususnya ketika mereka sedang mendekatkan hubungan. Berbeda dengan Ishigami Yuu yang dimana dia otaku, berpenampilan emo, DAN TIDAK MEMILIKI PENGEMBANGAN sama sekali. Hanya saja yang aku tidak suka ialah Ishigami yang selalu berkata “biarkan aku mati” hampir dikatakan disetiap episode dia muncul.

Intinya karakter disini sangat membantu alur cerita dengan baik, khususnya 2 orang yang baru saya sebutkan diatas tadi. Karena mereka inilah yang sangat dekat dan sering terlihat di anime ini.

Art: 8,5/10

Animasi di anime ini bagus banget, ga nyangka A-1 Pictures bakal ngerjain anime ini (ingatlah, aku ga tau apa-apa tentang studio anime). Bagian yang saya selalu perhatikan adalah mata Kaguya, paduan merah serta hitam yang sangat pas sekali untuk menggambarkan dirinya, dan mata biru yang dimiliki Miyuki, yang cocok untuk mereka berdua. Selain itu, aku juga warna pink pada Chika itu pas banget, Chika yang begitu boing-boing dan imut.

Selain itu, bagian penggambaran ketika mereka bercanda cukup menarik, apalagi ketika Kaguya dan Miyuki sedang berdebat. Tapi yang aku perhatikan adalah shadow/bayangan yang diperlihatkan, biasa kalau karakternya berasa hebat pasti ada beberapa garis hitam yang mengarahnya kemana gitu, yang sesuai dengan kejadian si karakter.

Ada juga hal yang tidak saya sukai masalah animasi di anime ini, yaitu penggambaran yang terlalu lebay. Miyuki ngelap kaca sambil emosi, tiba-tiba ledakan isekai keluar, ha? wkwkwk. Setidaknya munculkan saja yang simpel, cukup gesekan api terus pakai karakter yang cocok untuk menanggapi scene itu, contohnya bayangi saja Chika yang sedang “Haa… Kaichou, nande?” wwkkwwk kira-kira seperti itulah.

Sound: 9/10

Untuk masalah suara cocok banget dah, semua seiyuu bekerja sangat baik untuk memainkan peran yang mereka mainkan. Miyuki yang terkadang ngegas, Kaguya yang biasanya terlihat seram padahal enggak, Chika yang sangat bahagia dengan boing-boingnya, Ishigami Yuu manusia yang mau mati dan tidak pernah bersosialisasi. Semua pas deh.

Jujur aja, opening di anime ini sangat saya suka, dan mungkin bisa dikatakan gegara opening anime ini saya menonton anime ini wkwkwk. Selain itu, masalah Ending yang cukup bagus. Entah kenapa, setiap gua mendengarkan ending anime ini, pasti teringat dengan lagu ending lain juga, liriknya dan instrumentnya hampir sama seriusan, lupa gua apa lagunya itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × two =