Kiki’s Delivery Service [Summer 1989] Review Indonesia

We’re back again with another review! Dan saya ingin membuat review yang sedikit ‘tidak biasa’ di website ini, yaitu me-review film anime jadul! Kali ini, yang saya ingin review adalah film:

Kiki’s Delivery Service / Majo no Takkyuubin

Film ini adalah salah satu film dari studio ternama, siapa lagi selain Studio Ghibli. Studio Ghibli memang terkenal karena filmnya mendapatkan banyak sekali penghargaan, cerita yang cukup menarik, dan gaya animasi yang menjadi pedoman bagi studio lain.

Kiki's Delivery Service
Poster (from MyAnimeList)
Title: Majo no Takkyuubin (Japanese), Kiki’s Delivery Service (English)
Type: Movie
Aired: Jul 29, 1989
Source: Novel
Duration: 1 hr. 45 min.
Rating: G – All Ages

Story:

Kiki's Delivery Service
Kiki (sang protagonis dalam film ini)

Untuk ceritanya, Kiki’s Delivery Service menggunakan tipe cerita “continuous”. Dimana setiap part pada film ini, sangat berkaitan dengan part lainnya. Ceritanya juga simpel dan tidak membosankan karena memang rating film ini menyasar untuk semua umur jadi tidak akan membosankan bagi siapapun. Bagi saya, cerita ini cukup unik dan susah di prediksi, sehingga saya bisa menikmatinya hingga akhir. Unutk pacingnya, cerita ini tidak terlalu cepat sehingga penonton tidak terburu buru dalam menonton film ini. Endingnya sendiri juga cukup mendebarkan dimana ceritanya sudah mengalami klimaks tinggi sehingga akan membuat penonton tegang, tapi juga membuat penonton lega.

Art:

Kiki's Delivery Service
Background yang manteb (y)

Untuk artnya sendiri, bisa dikatakan Studio Ghibli memang Dabes dalam penggambaran ini. Background yang cukup realistik tapi mempertahankan style Western sehingga membuat art pada film ini (dan setiap film Ghibli) terkesan unik. Hayao Miyazaki memang membuat art pada film ini untuk tetap cerah untuk mengimbangkan genre film ini. Animasinya sendiri memang sedikit patah – patah tapi dapat diwajarkan karena film ini adalah film lama. Desain karakternya juga, meskipun tidak realistik tapi tetap bagus dan cocok dengan setiap karakter. Untuk desain karakter Kiki (Sang protagonis), bisa dibilang hampir mirip dengan desain karakter Satsuki (My Neighbor Totoro) dan Nausicaä (Nausicaä of the Valley of the Wind).

Sound:

(Film ini mempunyai 2 versi bahasa, yaitu Jepang (Ghibli) dan Inggris (Disney), jadi saya akan membahas versi bahasa jepangnya.)

Untuk seiyuunya, saya bisa katakan cocok dengan setiap karakternya. Mereka memang dipilih hanya untuk film itu saja (kecuali beberapa seiyuu) sehingga terkesan unik dari film lainnya. Untuk background musicnya, sangat luar biasa.. Saya tidak bisa ungkapkan dengan kata – kata karena komposer film ini adalah salah satu komposer legenda anime Jepang, Joe Hisaishi. Hampir semua Background Musicnya cocok dengan setiap scene pada film ini. Jika saya mendapatkan soundtrack film ini, mungkin saya akan selalu mendengarkannya. Saya kurang suka dengan Lagu OP dan ED dari film ini karena tidak terlalu ceria bagi saya.

Character:

Kiki's Delivery Service
Kiki (sebelah kanan) dan Tombo (sebelah kiri)

Saya sendiri bisa kita tebak dari nama filmnya saja, yaitu seorang penyihir muda. Dan hampir seperti anime Flying Witch, rata rata sang protagonis menggunakan sapu terbang. Karakternya juga realistis saat bereaksi dalam setiap scene. Seperti yang saya sudah katakan di bagian Art, muka sang protagonisnya mirip dengan 2 film Ghibli lainnya (saya sudah sebutkan diatas). Rata rata film Ghibli tidak mempunyai seorang antagonis, itupun berlaku pada film ini. Untuk karakter pendukung, bisa dikatakan cukup banyak dan hanya sedikit yang berpengaruh dalam cerita film ini. Naratornya adalah sang protagonis dari film ini, yaitu Kiki. Mungkin saya akan tetap mengingat setiap karakter yang berpengaruh dalam film ini.

Enjoyment

Kiki's Delivery Service

Saya rasa jika saya merekomendasikan film ini kepada teman teman saya, mungkin mereka akan suka dengan film ini (saya telah merekomendasikan kepada salah satu teman dan kakak saya, mereka menyukainya). Bahkan, bisa saja orang yang tidak pernah menonton anime akan suka dengan film ini. Ketika saya kekurangan bahan tontonan, mungkin saya akan me-rewatch film ini lagi karena bagi saya, film ini adalah salah satu film terbaik dari Studio Ghibli. Bisa saya katakan, saya sangat menyukai film ini sehingga saya tidak akan lupa dengan anime ini kedepannya.

Score: 9.0/10.0

“Just follow your heart and keep smiling.” – Kokiri

Dan berakhirlah postingan review Kiki’s Delivery Service. Saya harap para pembaca dapat menikmati review saya ini yang sedikit “terbelit belit” :D. Jika kalian punya pendapat atau rekomendasi anime lain untuk saya, silahkan sampaikan di kolom komentar dibawah ini!

 

Keep calm and as always, Mantab Jiwa.
RivoMCID // HirotoA7

Post Author: Junichirou Hiroto

A Freelance Editor, Photographer, and Musician. Currently working on Loligane.com as Video Editor, Webmaster, and Writer.

Komentar