Macam-Macam Genre dalam Anime Part 1 (LENGKAP)

Apakabar kalian semua? semoga baik-baik saja ya!! Yup, kali ini gua lagi bahagia, jadinya gua memberanikan diri untuk memposting hal ini. Postingan yang cukup banyak dan ini masih Part 1 lohh kwkwkwk dan nanti saya akan memberikan part 2 nya. Soalnya ga mungkin saya bikin panjang merata kebawah xD. Berikut postingan saya mengenai berbagai genre di dalam Anime

Genre di dalam anime

1. Action

Awal mula kalian nonton anime pasti dari genre Action ini bukan? Genre ini banyak dimiliki oleh Anime lainnya, tapi apa sih Genre Action itu? Genre Action ini adalah Genre yang dimana ceritanya penuh dengan konflik, dimana kita akan Lebih sering melihat adegan kelahi atau adegan gelud. Pokoknya penuh konflik deh.

Berikut Anime yang memiliki genre Action kental

  • Kill la kill
  • Fullmetal Alchemist
  • Akame ga kill

2. Fantasy

Nah kalau Genre fantasi ini berhubungan dengan dunia fantasi (anggap aja dunia imajinasi kalian). Sebagian besar pengaturannya ada di dunia sihir (magis) dimana tokoh utama memulai petualangnya, dan biasanya juga Fantasy dikaitkan dengan genre Adventure. Terkadang tokoh utama dikirim ke dunia fantasi dari dunia nyata, gua juga bingung ini bisa dikatakan isekai atau enggak, tapi kali ini kita anggap sama aja. Yang mencolok dari genre Fantasy ini ialah sering kali kita menemukan Sihir, dan berbagai elemen mistis atau kekuatan gitu.

Berikut Anime yang memiliki genre Fantasy

Baca Juga: Cewek cantik yang ada di dunia Naruto (Waifuable)

3. Harem

Wah kalau harem pasti semua sudah tau, harem ini dibagi menjadi 2 yaitu Harem sama Reverse Harem. Reverse harem akan saya bahas nanti soalnya beda. Kalau Harem ini dimana karakter utamanya itu dikelilingi oleh banyak cewe, biasanya 3-5 cewek.  Nah Genre yang bisa dicampurkan dengan Harem ini diantaranya genre Ecchi, Fantasy, Action, dll. Dan ‘biasanya’ Harem memiliki genre Ecchi.

4. Ecchi

Setiap pecinta anime pasti tau dong genre apa ini wkwkwk… Nah Ecchi ini kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “mesum” jadi bisa diartikan genre Ecchi ini adalah genre yang bersifat mesum. Bagi saya Ecchi bisa dibagi menjadi 3 yaitu, Ecchi low, Ecchi Medium, dan Hard Ecchi. Hard Ecchi bagi saya adalah anime yang harus diatas 18++ karena sudah bisa masuk ke genre “H”. Jadi cukup menggetarkan hawa nafsu juga.

5. Romance

Nah kalau genre ini genre yang pastinya bikin baper wkwkwk, siapa sih yang ga tau genre Romance ini? Genre Romance ini berfokus pada adegan romantic atau hubungan pacaran gitu, biasanya karakter didalam anime ini sudah berumur 18 tahun keatas, bukan berarti anime ini khusus 18++ yaa… Anime ini lebih sering dicampur dengan genre School, Shounen dan Slice Of Life. Selain itu, genre ini juga biasa dicampur dengan Harem. Yang pastinya, genre ini berfokus untuk menggelitik hati kalian… kyaa~~ (jijik gw)

Baca juga: Daftar Anime Romance Terbaik

6. Adventure

Genre ini berfokus pada karakter yang akan berpetualang. Jadi kental akan petualang, dan “BIASANYA” di kombinasi dengan genre Action, Fantasy, Supernatural, dll. Dan gua paling suka kalau genre Adventure ini dicampur dengan genre Fantasy. Karena Fantasy itu kan dunia imajinasi gitu, lalu ditambahkan dengan genre Adventure yang sifatnya berpetualang akan menjadi sesuatu pas.

7. Yaoi

Bahhhh kalau genre ini jangan ditanya lagi, mungkin ada dari kalian yang kaum awam atau kaum yang baru masuk ke dunia Anime tidak mengetahui genre ini. Genre ini bisa dibilang kontroversial dikarenakan genre ini bersifat gay/homo. Dan sepengetahuan gua, anime yang memiliki genre ini selalu dikombinasikan dengan genre Slice of life, Romance (Romance Yaoi tentunya), dan Shoujo atau Josei. Kaum perempuan pasti suka dengan hal ini

  • Yuri on Ice

Kenapa cuman 1? karena aku tak mau kalian menyentuh hal ini :D.

8. Yuri

Nah kalau genre ini kebalikannya, kalau tadi itu kan Gay/Homo, kalau yang ini lesbian. Anime yang bergenre ini cukup banyak di tahun 2017-2018. Anime bejad satu ini biasanya bercerita tentang cewek yang melampiaskan amarahnya ke temannya (cewek tentunya). Nah biasanya genre ini dikombinasikan dengan genre Slice of life, School, Shounen atau Shoujo, dan Romance.

  • Asagao to Kase-san

Kenapa cuman 1? karena aku tak mau kalian menyentuh hal ini :D.

9. Drama

Kalau genre yang satu ini penuh dengan konflik antara tokoh utama dengan tokoh lainnya, dan biasanya juga genre Drama ini selalu dikombinasikan dengan genre Romance, Slice of Life, Action, dan masih banyak lagi. Pada intinya Drama adalah salah satu genre yang tidak pernah lepas dengan yang namanya Anime. Karena Genre inilah yang akan membuat suatu cerita terlihat menarik.

10. Historical

Genre Historical mungkin jarang kalian dengar, tapi intinya genre ini sangat jarang kita temukan, kenapa? Karena genre ini diambil dari kisah nyata atau bisa dibilang History/Sejarah yang berarti harus nyata dengan dunia ini. Emang ada? Ada kok animenya, diantar lainnya adalah

  • Gintama
  • InuYasha
  • 91 Days

Kalau saya sendiri tidak pernah menonton anime ini, karena yang pertama tidak pernah mendengarnya, yang kedua saya baru tau genre ini. Jadi selama saya menjadi penikmat Anime, saya tidak pernah menonton anime yang bergenre ini. Oh ya, biasanya genre ini penuh dengan konflik (Drama) dan Action tentunya.

 

Post Author: Glendy Lubis

Maaf jika tidak professional dalam hal mengulas dan memberikan informasi. Karena saya tidak suka dengan kata 'professional' dalam hal menulis.

3 thoughts on “Macam-Macam Genre dalam Anime Part 1 (LENGKAP)

    irzie

    (Oktober 6, 2018 - 12:44 pm)

    Genre Romance ditambah ecchi dikit biasanya banyak disukai, tapi kalo romance ada ecchi biasanya bakal nempel ke harem. Paling enak emang romance comedy, atau kalau mau serius yang ada dramanya. Entah kenapa genre-genre ini lagi banyak digandrungi.

      Glendy Lubis

      (Oktober 6, 2018 - 1:21 pm)

      nah iya bang setuju gua, biasanya genre Romance, Ecchi sama Harem itu selalu nyatu, tapi lama-kelamaan makin biasa sudah di mata saya. Apalagi isekai yang Harem Ecchi. Memang masih bagus Romance Comedy atau Romance yang dicampur Slice of life/Drama. Intinya jangan campur Harem Ecchi deh wkwkkwwk

    Aditya

    (November 15, 2018 - 12:57 pm)

    Gini min. Genre Ecchi berasal dari huruf H alias Hentai . H disini disebutkan penyebutan romaji plus english. Di indo disebut ‘Ha’, di inggris disebut ‘Eitch’ nah kalau di jepang mereka menyebutnya ‘Ecchi’. Sekian dari saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × four =