3 Cara Capat Mencegah ‘Perkaratan’ pada Benda berharga Anda! ✔✔✔

Perkaratan adalah salah satu kondisi yang dimana benda besi berubah warna dan menjadi kurang baik untuk dipandang

Tentunya hal ini sering membuat kita cukup jengkel, apalagi kalau benda tersebut sangat berharga, contohnya saja mobil. Umumnya, perkaratan ini terjadi pada benda yang ada disekitar kita, contohnya rantai motor, rantai untuk mengunci rumah, paku, dan lain-lain. Dan dikesempatan kali ini, saya akan memberikan ‘TIPS CEPAT’ untuk mencegah bahkan membuat benda yang kita sayangi tidak berkarat lagi, berikut beberapa usaha yang kalian dapat lakukan dengan harga yang sangat murah!

Jangan keluarkan banyak uang!
Jangan keluarkan banyak uang!

1. Mengecat

Mengecat adalah cara pertama yang sangat ampuh dan juga bisa dibilang tidak begitu mahal kita mengeluarkan uang. Teknik mengecat biasa ditemukan diberbagai tempat loh! contohnya saja jembatan, pagar dan railing, hal ini sangat umum dilakukan karena harga yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Kenapa harus CAT? karena Cat ini mengandung timbal dan zink (seng), hal inilah yang melindungi besi terhadap korosi (atau bisa dibilang perkaratan).

Proses mengecat pada benda yang mudah berkarat
Proses mengecat pada benda yang mudah berkarat

2. Melumuri dengan Oli atau Gemuk

Biasanya, benda besi atau benda yang mudah berkarat dilumuri Oli atau Gemuk juga loh! Contohnya rantai yang ada pada motor kita. Cara ini diterapkan pada berbagai perkakas dan mesin, khususnya motor dan mobil. Oli atau Gemuk menyebabkan suatu hal yang dimana kondisi AIR tidak bisa menyatu dengan benda yang kita olesin menggunakan Oli atau gemuk tadi. Bahasa mudahnya mencegah kontak terhadap air!

oli pada motor
Menggunakan Oli

3. Menggunakan Plastik

Siapa sangka kalau plastik yang sering kita jumpai diberbagai tempat, ternyata bisa digunakan sebagai penangkal korosi atau perkaratan pada benda besi yang ada disekitar kita! Kok bisa sih? bisa dong, karena plastik langsung mencegah kontak antara besi dengan udara dan air. Hal ini sering kita jumpai ketika kita membeli rak piring, pasti ada bagian yang dimana plastik masih menyatu dengan penyanggang dan disaat itu kita berkata “malas ah ngelepasnya”. Dan itu adalah salah satu alasan pembuat untuk mencegah perkaratan pada barang yang dia ciptakan. Kalau kalian menggunakan metode ini, lebih baik cari plastik bening yaaa hehehe.

Plastik berwarna
Plastik berwarna

Mungkin sekian dulu teman-teman 3 tips cara mencegah perkaratan pada barang kesayangan kalian, mudah kan? murah kan? tentunya dong. Yuk langsung lakukan dirumah kalian! barang-barang yang sudah saya jelasin tadi mudah kalian jumpai loh! dan pastinya ada dirumah kalian. Selamat Mencoba.

Komentar

%d blogger menyukai ini: