5 Tumbuhan Yang Sangat Mematikan Bagi Manusia

Keindahan dunia ini tentunya dibantu oleh berbagai tumbuhan yang hidup di berbagai belahan dunia. Namun, tahukah kalian bahwa dari berbagai tumbuhan yang hidup di dunia ini, salah satu dari mereka juga ada yang berbahaya loh! Berikut 5 Tumbuhan Berbahaya bagi Manusia!

1. Deadly Nightshade

Menurut Legenda, Prajurit Macbeth meracuni Prajurit Denmark yang sedang menyerang dengan sebuah anggur yang terbuat dari buah manis tumbuhan Deadly Nightshade yang sangat mematikan. Tanpa disadari, buah dari tumbuhan ini sangatlah manis dan memikat anak-anak dan orang dewasa untuk mengkonsumsi buah dari tanaman ini. Tanaman ini berasal dari daerah berhutan di Eurasia tengah dan selatan, Eurasia sendiri adalah sebuah superbenua gabungan dari dua benua yaitu Eropa dan Asia. Tanaman Nightshade ini memiliki daun hijau yang kusam dan buah hitam yang mengkilap seukuran buah ceri. Tanaman Nightshade sendiri mengandung atropin dan skopolamin pada batang, daun, beri, dan akarnya, yang mengakibatkan terjadinya kelumpuhan pada otot-otot tubuh, termasuk jantung. Bahkan kontak fisik dengan daun dapat menyebabkan iritasi kulit.

Bagaimana? Bahaya bukan? Menyentuhnya saja sudah menyebabkan iritasi kulit, apalagi mengkonsumsinya.

2. White Snakeroot

Tanaman berbahaya yang satu ini bernama White Snakeroot. Dari namanya saja, kita bisa melihat bahwa bunga dari tanaman ini memiliki ciri-ciri yang berwarna putih dan mekar. Tanaman inilah yang bertanggung jawab atas kematian ibu President Abraham Lincoln, Nancy Hanks. Tanaman White Snakeroot ini adalah ramuan Amerika Utara dan mengandung alkohol beracun yang dikenal sebagai Trematol

 Tidak seperti mereka yang mati karena langsung menelan tanaman mematikan ini, Nancy Hanks yang malang meninggal karena meminum susu sapi yang telah memakan tanaman mematikan ini, yang pada saat itu tanaman ini tercampur dengan rumput lainnya. Memang, baik daging maupun susu dari ternak beracun dapat menularkan racun tersebut ke manusia yang mengkonsumsinya. Gejala Keracunan Susu ialah hilangnya nafsu makan, mual, tubuh menjadi lemah, ketidaknyamanan perut, lidah memerah, keasaman darah yang tidak normal, dan yang parahnya lagi ialah kematian. Untungnya para petani sekarang sadar akan bahayanya yang ditimbulkan dari tanaman ini dan melakukan upaya untuk menghapus tanaman ini dari padang rumput hewan.

 

3. Castor Bean

Tanaman Castor Bean atau yang biasa dikenal Biji Katsuri biasanya ditanam sebagai tanaman hias. Castor Bean adalah tanaman asli yang menarik dari Afrika. Castor Bean menghasilkan sebuah minyak yang disebut Castor Oil, secara alami mereka mengandung racun risin yang sangat mematikan meskipun dikonsumsi dalam jumlah kecil. Faktanya, hanya perlu satu atau dua benih untuk membunuh anak dan delapan benih untuk membunuh orang dewasa. Risin bekerja dengan menghambat sintesis protein di dalam sel dan dapat menyebabkan muntah parah, diare, kejang-kejang, dan kematian. Racun ini akan bekerja secara efektif jika dibentuk ekstrak bubuk dan dihirup atau disuntikkan. Tanpa diekstrak, racun akan terlindungi lapisan biji. Menelan bulat-bulat biji ini tidak akan membuat keracunan, karena biji memiliki lapisan pelindung untuk melindungi inti biji. Meski begitu, seseorang bisa keracunan jika membakar biji tanaman ini atau membelah cangkang dan mengkonsumsi isinya.

Racun ini digunakan pada tahun 1978 untuk membunuh Georgi Markov, seorang jurnali yang berbicara menentang pemerintah Bulgaria, dan telah dikirim ke beberapa politisi AS dalam upaya terorisme yang gagal. Sebagian besar kematian yang dihasilkan dari racun ini adalah hasild ari konsumsi tidak sengaja oleh anak-anak dan hewan peliharaan. So, hati-hati ya kalau ingin memakan sesuatu dari tanaman yang tidak kita kenal.

 

4. Rosary Pea

Rosary Pea atau yang biasa disebut Jequirity Beans atau biji Jequirity ini adalah salah satu biji yang mengandung racun berbahaya karena mengandung abrin, protein pengambat ribosom yang sangat mematikan. Rosary Pea adalah tanaman asli daerah tropis dan sering digunakan dalam berbagai perhiasan. Biji yang utuh tidaklah beracun, namun, biji yang sudah tergores, rusak atau terkunyah dapat menjadi mematikan kalau di konsumsi. Hanya diperlukan 3 mikrogram abrin untuk membunuh orang dewasa, kurang dari jumlah racun dalam satu biji, dan dikatakan bahwa banyak pembuat perhiasan telah jatuh sakit atau mati setelah secara tidak sengaja menusuk jari-jari mereka ke dalam biji ini saat bekerja. Seperti risin tadi, abrin mencegah sintesis protein dalam sel dan dapat menyebabkan kegagalan organ dalam waktu empat hari.


Gejala yang diakibatkan dari keracunan abrin ialah pusing, muntah, gagal liver, dan kematian. Menghirup debu dari biji Rosary Pea atau masuk lewat luka iris, dapat menjadi faktor yang sangat fatal.

5. Tobacco

Kalau berbicara tumbuhan yang satu ini, pasti semua orang tahu, karena ini adalah bahan utama dari sebuah Rokok. Ya, benar, Tobacco atau Tembakau adalah tanaman non-pangan komersial yang paling banyak ditanam di dunia. Semua bagian tanaman, terutama daunnya, mengandung alkaloids nikotin dan anabasin beracun dan sangat berakibat fatal jikalau dikonsumsi. Meskipun ditetapkan sebagai racun jantung, nikotin dari tembakau banyak dikonsumsi di seluruh dunia dan bersiffat psikoaktif dan membuat ketagihan. Penggunaan tembakau menyebabkan lebih dari 5 juta kematian per tahunnya, menjadikannya tanaman yang sangat mematikan di dunia.

Itu semua adalah 5 Tumbuhan Berbahaya bagi Manusia, kira-kira bagaimana dengan kalian? Sudah seharusnya kita berhati-hati dalam memakan apa yang tumbuh disekitar kita, jangan langsung menganggap bahwa biji atau buah yang mereka miliki itu sehat semua, melainkan marilah kita meriset terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi buah atau biji tersebut. 

Komentar

%d blogger menyukai ini: